Anggota DPRD Mamuju Warning Plt. Kades Yang Baru Dilantik

Berita, Mamuju192 Pembaca

Darasaksara.com – MAMUJU – Anggota DPRD Kabupaten Mamuju Santa, S.IP memberikan lampu hijau pada pada seluruh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa se- Kabupaten Mamuju yang baru saja dilantik oleh Bupati Mamuju, Jumat 26 Januari 2024.

Menurut politisi NasDem ini, karena hari ini adalah masih masa mampanye dan masa Pemilu 2024, tentu perlu memahami rambu-rambu aturan jabatan sebagai Kepala Desa. 

Santa menyebut bahwa dalam Undang-undang Pemilu No 7 Tahun 2017 khususnya Pada Pasal 282 bahwa Kepala Desa itu Dilarang Memihak pada salah satu Calon ataupun Peserta Pemilu.

Santa memberi warning kepada para Plt. Kepala Desa yang baru – baru saja dilantik untuk tetap bersikap netral di tahun politik ini.

” kuncinya Plt. Desa atau Kepala Desa harus netral dalam artian dilarang mengambil tindakan atau sikap yang menimbulkan Keuntungan atau kerugian bagi pihak pihak tertentu. Singkatnya dilarang memihak pada salah satu calon atau Parpol,” tutur Santa.

Lebih jauh ia menjelaekan bahwa, tugas Kepala Desa atau Plt. Kepala Desa jelas diatur dalam UU no 6 tahun 2014 tentang Desa, dimana 

salah satu tugas dan tanggung jawab Penjabat Desa atau Kepala Desa adalah menjaga kerukunan dalam masyarakat, memastikan jalannya roda Pemerintahan dan Pembangunan di Desa, serta memberikan pelayanan yang baik bagi seluruh warga masyarakat di Desa.

” Yang paling penting agar membaca dan memahami aturan tentang Desa salah satunya UU no 6 THN 2014 tentang Desa” ucap Anggota Fraksi NasDem Ini.

Pihaknya berharap agar seluruh Plt. Kepala Desa dapat menjalankan amanah dan melanjutkan program pembangunan.

“Harapan saya sebagai anggota DPRD Mamuju agar seluruh Plt. Kepala Desa yang baru saja dilantik agar amanah dan mampu melanjutkan program program pembangunan yang telah digagas sebelumnya serta menjaga sustainable pembangunan di Desa,” pungkas Santa, Jumat 26 Januari 2024.

[fid/rid]

Komentar