Arwan Aras, Warning Oknum Pelaku Pemotongan KIP Kuliah Di Sulbar

Pendidikan162 Pembaca

Darasaksara.com – MAMUJU – Anggota DPR RI Komisi X, H. Arwan M Aras T, S.Kom menggelar Sosialisasi KIP Kuliah Tahun 2023 yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Mamuju, Selasa 16 Mei 2023.

Dalam sambutannya, Arwan Aras mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini adalah sebagai bentuk evaluasi pelaksanaan penyaluran beasiswa KIP kuliah yang telah berjalan sekaligus ingin mengetahui tingkat kemanfaatan KIP kuliah bagi Mahasiswa yang sudah menerima.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga meminta kesadaran moral dan keterpanggilan dari mereka yang sudah menerima bantuan beasiswa KIP untuk menjadi relawan KIP kuliah.

“Kita meminta kesadaran moral dan keterpanggilan dari mereka yang sudah menerima bantuan beasiswa KIP kuliah untuk menjadi relawan, dimana tugas utamanya adalah melakukan sosialisasi pendampingan terhadap mahasiswa penerima dan calon penerima KIP kuliah merdeka tahun 2023.

Selain itu, politisi PDI – Perjuangan ini melihat bahwa terkhusus di Sulbar, jumlah calon peminat KIP kuliah ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga menurutnya, kuotanya juga harus bertambah sehingga SDM di Sulbar ini juga dapat ditingkatkan.

Tak hanya itu yang menjadi perhatian Arwan, biaya hidup yang diberikan kepada mahasiswa menurutnya harus masuk dalam klaster dua seperti Sulsel.

“Kita melihat bahwa seharusnya Sulawesi Barat ini masuk dalam klaster dua seperti Sulsel dimana biaya hidupnya itu Rp.950.000 perbulan,sebab di Sulbar ini jarak antara Kabupaten yang berjauhan dan akses ke satu daerah terkadang harus menempuh dengan kendaraan khusus yang biayanya tergolong mahal,” terang Arwan.

Ditanya soal issu pemotongan yang diduga dilakukan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab, Arwan mengaku bahwa memang masih ada beberapa kampus yang oknumnya masih bermain.

Memang masih ada beberapa kampus yang oknumnya masih bermain,” ujarnya.

Penyaluran KIP Kuliah di Sulbar ini memang harus diawasi dengan baik, semua pihak harus mau dan berani memutus mata rantai pemotongan yang diduga dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya.

Arwan kemudian berjanji akan menyikapi secara serius apabila masih ditemukan oknum yang melakukan pemotongan KIP kuliah.

“Apabila masih ada oknum yang melakukan pemotongan KIP Kuliah sampai tahun ini, maka itu tidak segan – segan akan kita laporkan ke pihak kepolisian, karena sudah ada contoh di Banten bahwa pelakunya sudah divonis 7 tahun penjara,” simpul Arwan.

Sekedar diketahui, pada kegiatan tersebut turut dihadiri Subkoordinator KIP Kuliah Kemendikbudristek RI,
DR. Mukni IKa,M.PD, DR. H. Lusman,MM selaku koordinator Kelembagaan Sistem Informasi Akademi Kemahasiswaan LLDIKTI Wilayah IX, DR. H. Muhammad Tahir, Rektor Universitas Muhammadiyah Mamuju, Syamsuriadi,S.Sos,MM Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Tomakaka Mamuju, WITA Oileri Tikirik,S.Si,M.Adm.Kes, Wakil Ketua Bidang STIKES Andini Persada Mamuju, dan Ayu Sri Wahyuni, S.Kep, M.Kes, Dekan Institut Kesehatan Bisnis Fatimah serta mahasiswa Penerima KIP dari berbagai Kampus di Mamuju.

[Riadi]

Komentar