oleh

Celebes Bergerak dan WALHI Sulteng Kembali Salurkan Bantuan Kepada Korban Gempa Sulbar

-Mamuju-133 Pembaca

Darasaksara.comMamuju -Celebes Bergerak bersama Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sulawesi Tengah, kembali melakukan distribusi logistik bantuan kepada korban gempa Sulawesi Barat.

Penyaluran bantuan ini diserahkan oleh Manager Advokasi dan Kampanye Celebes Bergerak, Freddy Onora, langsung kepada Penyintas yang berada di tiga dusun, Desa Botteng Utara, Kec. Simboro, Kab. Mamuju pada Rabu (03/02/2021).

“Dengan berakhirnya masa tanggap darurat, logistik akan semakin berkurang. Kami berharap bisa terus menyalurkan bantuan serupa hingga beberapa waktu kedepan kepada Penyintas yang benar-benar membutuhkan.” Ujar Freddy.

Menurut Freddy, distribusi kali ini merupakan tindak lanjut dari indepth assessment yang sebelumnya telah dilakukan oleh kedua organisasi tersebut guna memetakan kondisi aktual penyintas di kamp-kamp pengungsian.

“Setelah melakukan assessment, ada beberapa wilayah intervensi yang kami pilih. Salah satunya Desa Botteng Utara ini. Kami melibatkan warga secara langsung dan pendataan dari tenda ke tenda sehingga bantuan bisa merata dan tepat sasaran” Jelasnya.

Di kamp pengungsian Lapangan Bola Boteng Utara sendiri, saat ini diisi oleh 96 kepala keluarga (KK) dengan total jumlah pengungsi sebanyak 369 jiwa dan beberapa di antaranya merupakan kelompok rentan. Di desa ini juga terdapat sejumlah hunian rusak, di antaranya: 44 rusak berat, 10 rusak sedang dan 33 rusak ringan.

Sementara itu, Oktrikama Cahya Putra selaku Community Organizer WALHI Sulteng, menjelaskan bahwa intervensi yang dilakukan oleh kedua lembaga tersebut tidak sekadar penyaluran bantuan. Dia berharap dengan hadirnya dua lembaga itu dapat terjadi pertukaran informasi terkait proses penanganan pasca bencana yang juga sempat dirasakan oleh warga Sulawesi Tengah.

“Bantuan ini tentu tidak seberapa. Agenda penting yang ingin kami bawa adalah transfer pengetahuan terkait penanganan kebencanaan berdasarkan pengalaman yang kami rasakan saat gempa, tsunami dan likuifaksi melanda Sulteng.” Terang pria yang kerap disapa Oki tersebut.

Saat ini, Celebes Bergerak dan WALHI Sulteng juga tengah melakukan intervensi di dusun Petakeang, Kel. Galung, Kab. Mamuju. Dua lembaga tersebut giat melakukan pengorganisiran penyintas guna memudahkan proses pemulihan aktivitas sosial ekonomi masyarakat.

Adapun bantuan yang disalurkan pada distribusi kali ini sebanyak 100 paket sembako, di kamp Pengungsian Desa Botteng Utara. dan 40 paket sembako dan Hygiene Kit di Dusun Petakeang.

Darasaksara.com

Komentar

News Feed