Dihadapan Ratusan Kader Ipmapus Polman, Pesan Leluhur Digaungkan

Polewali Mandar673 Pembaca

Darasaksara.com – Polman – Ikatan Pelajar Mahasiswa Pitu Ulunna Salu (Ipmapus) Cabang Polman, kembali menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke – III, Kamis (21/10/21).

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Pacuan Kuda Sport Center Kabupaten Polewali Mandar dengan mengusung tema ” Membentuk karakter kader yang militan serta mengembalikan eksistensi Ipmapus Polman di bumi Tipalayo dengan prinsip Ada Tuho Tammate Mapia Tangkadake” dibuka langsung oleh Asisten Administrasi Kabupeten Polewali Mandar yang dihadiri oleh Dewan Pembina Ipmapus Polman serta ratusan kadernya.

Mewakili Bupati Polewali Mandar, Asisten Administrasi Kabupaten Polman Muhammad Nawir pada kesempatan tersebut mengatakan, tentu kami mengharapkan bahwa dalam perhelatan Musyawarah Cabang ini, bisa benar – benar memilih calon pemimpin yang berkualitas, yang mampu mempersatukan mahasiswa yang berasal dari Pitu Ulunna Salu.

Dirinya juga berharap bahwa dalam perhelatan Muscab Ke – III Ipmapus Cabang Polman ini tidak terjadi dualisme karena dinilai akan menghambat jalannya roda organisasi.

” Ya jangan terjadi dualisme, ketika dalam kepemimpinan terjadi dualisme, maka organisasi yang akan dipimpin itu otomatis tidak akan bisa berjalan sesuai dengan harapan,” kata Nawir.

Selain itu Nawir menitip pesan bahwa kedepan, Ipmapus Polman ini agar bisa berkolaborasi, mendukung jalannya Pemerintahan di Polewali Mandar melalui proses kontrol atau pengawasan jalannya Pemerintahan, karena jika semua elemen ikut terlibat dalam pemerintahan tentu akan menghasilkan pemerintahan yang berkualitas.

Untuk itu, kami sampaikan bahwa mari kita bersatu dalam hal apapun, karena apapun yang kita lakukan secara bersama – sama akan mencapai tujuan yang kita harapkan,” tegasnya.

Ada Falsafah yang semestinya kita harus junjung tinggi agar tetap tercipta kerukunan yang ada di Polman, dimana pesan orang tua kita adalah ” Sisaraqpai Batu Mata Mapute Annaq Batu Mata Malongtong, Annaq Sisaraq Pitu Ulunna Salu Annaq Pitu Baqbana Binanga, ini merupakan simbol bahwa kita tetap berada dalam bingkai persatuan dan kekeluargaan,” simpul Nawir.

Sementara, Dewan Penasehat Ipmapus Polman Rivai menyebut, karena ini adalah Musyawarah Cabang, tentu akan menggagas siapa calon yang handal, dan ada sebuah prinsip sebagaimana tema kegiatan ini adalah bagaimana membentuk kader yang militan, dimana makna militan itu sendiri adalah dia bisa mempersatukan, bisa melahirkan ide dan gagasan manajemen kepemimpinan di era teknologi saat ini.

Tak hanya itu, Rivai menitip harapan kepada Ipmapus Polman agar adanya upaya membangun sinergitas ke Pemerintahan, masyarakat serta kader – kader yang ada didalamnya.

“kita rasakan tahun sebelumnya terjadi kemandekan kepemimpinan itu disebabkan tidak terjalin komunikasi yang maksimal,” kata Rivai.

Untuk itu, pilihlah kader yang mampu mempersatukan, memahmi nilai budaya Sipakatau, nilai adat Tuho Tammate, Mapia Tangkadeq dalam bingkai organisasi, sehingga kedepan tidak ada lagi riak,” ungkap Rivai.

Senada dengan itu, mantan ketua Ipmapus Polman pertama Muhammad Hidayat Toempang mengatakan pada Muscab ke – III kali ini, siapapu yang terpilih kedepan tentu harus menjadi pemimpin yang memiliki integritas, mandiri dan tetap berkolaborasi dengan semua elemen yang ada.

Pria yang akrab disapa Aat ini juga berpesan bahwa kedepan mereka harus tetap menjaga eksistensi dan Marwah Ipmapus Cabang Polman sebagaimana pesan para leluhur yakni Mesa Kada di Potuho, Pantang Kada Di Pomate.

Ditempat yang sama, Ilal Iksan selaku ketua PP – Ipmapus Sulbar mengatakan bahwa pasang surut di organisasi itu adalah hal yang biasa terjadi, sehingga saya menghimbau kepada suluruh kader – Kader Ipmapus agar tidak terjebak dalam konflik.

Menurut Ilal, konflik harus dimaknai adalah hal yang bisa mendawasakan kita dalam satu organisasi, namun yang perlu kita lakukan saat ini adalah bagaimana bisa merangkul dan mempersatukan seluruh kader Ipmapus dalam rangka mewujudkan falsafah mesa kada agar Ipmapus bisa memberikan kontribusi demi kemajuan daerah.

Kita masih punya banyak pekerjaan rumah kedepan dalam rangka mewujudkan tujuan organisasi ini, kita optimis kedepannya yang tentunya melalui jalur koordinasi yang baik, melalui para senior, para tokoh PUS dan kader Ipmapus, agar bisa lebih baik kedepan,” simpul Ilal Iksan.

Ar/Da.

Komentar