Dr. Rahmat Hasanuddin Beri Dukungan Rencana Sayembara Gerbang Sulbar

Berita, Sosbud525 Pembaca

Darasaksara.com – Mamuju – Rencana Sayembara Gerbang Sulbar yang saat ini dipercayakan pada Dewan Pertukangan Nasional (DPN) Perkasa Sulawesi Barat akhirnya mendapat dukungan dari salah satu pejuang pembentukan Sulawesi Barat.

Ketua Komite Aksi Pembentukan Provinsi Sulbar (KAPP) Sulbar,  Dr. Rahmat Hasanuddin saat ditemui di rumah makan Gayatri Jl. Yosudarso Mamuju, Kamis 7 Juli 2022 mengaku memberi support atas rencana sayembara gerbang Sulbar.

“Atas rencana sayembara gerbang Sulbar tersebut, patut kita beri support sebagai sebuah upaya mengembalikan semangat ber Sulbar kita,” kata Rahmat Hasanuddin.

Perlu dipahami bahwa, wacana sayembara gerbang Sulbar ini jangan dipahami hanya dalam aspek fisik semata, akan tetapi disitu melingkupi segala aspek baik dari segi seni, aspek ekonomi, kebudayaan dan termasuk aspek filosofi,” lanjut Rahmat Hasanuddin.

Lebih jauh, adik kandung dari Prof. Dr. H. Ma’mun Hasanuddin,SH., MH. (Almarhum) ini mengaku bahwa melalui sayembara gerbang Sulbar, tentu daerah kita akan lebih dikenal luas, selain nantinya jika sudah dibangun tentu bisa menjadi Rest Area yang dapat meningkatkan dan membantu para pelaku ekonomi.

“Jadi, menurut kami gagasan ini harus dilihat secara komprehensif, bukan pada aspek fisik semata, dimana dalam sayembara tersebut tentu tidak akan mengabaikan nilai – nilai Hystori , seni, wisata dan kebudayaan sekaligus mewujudkan semangat ber-Sulbar,” ungkap Rahmat Hasanuddin.

Rahmat kemudian berpesan bahwa ditengah upaya Pemerintah dalam melakukan pembangunan di Sulawesi Barat, tentu kita tidak boleh melupakan aspek hystori Daerah, sehingga melalui sayembara gerbang Sulbar inilah para generasi kita bisa menelurkan kreativitas dalam bidang arsitektur yang tidak mengabaikan nilai hystori dan kebudayaan.

Sayembara desain gerbang Sulbar tersebut harus dimaknai sebagai sebuah perwujudan untuk kembali membangkitkan gairah ber- Sulbar, melalui desain gerbang ini para seniman dan budayawan juga akan dilibatkan sebagai upaya menggali nilai – nilai kearifan kita yang selama ini mulai tergerus bahkan tidak mungkin akan hilang ditelan zaman,” terang Rahmat Hasanuddin.

“Kita percaya bahwa apa yang menjadi harapan dan cita – cita para pejuang Provinsi ke – 33 ini juga punya spirit yang sama. Sehingga upaya sayembara desain gerbang Sulbar yang dipercayakan pada DPN Perkasa Sulbar adalah salah satu dari sekian banyak instrumen untuk melakukan akselerasi pembangunan yang tentunya tak mengabaikan aspek lain,” simpul Rahmat Hasanuddin.

Sekedar diketahui bahwa gerbang Sulbar tersebut akan ditempatkan pada perbatasan  Polman-Pinrang dan Pasangkayu-Donggala.

[Riadi]

Komentar