Gelar “Ngopi” Hipermakes Majene Pertanyakan Keberpihakan RUU Omnibuslaw Kesehatan

Kesehatan, Majene185 Pembaca

Darasaksara.com – MAJENE – Aliansi Mahasiswa Kesehatan Kabupaten Majene Mengadakan Ngopi (Ngobrol Pintar) dengan Tema RUU OMNIBUSLAW Kesehatan, Keberpihakan Terhadap Pelayanan Kesehatan MASYARAKAT Ataukah Penghambaan Kepada OLIGARKI, Bertempat di STIKes Bina Bangsa Majene, Jumat 19 Mei 2023.

Dalam Aliansi tersebut ikut tergabung diantaranya adalah Himpunan Mahasiswa Kesehatan (Hipermakes) Majene, Bemnus Sulawesi Barat, Maperwa dan Bem Stikes Bina Bangsa Majene, Bem Stimmar dan Himagi Unsulbar.

Hadir dalam kegiatan dua Narasumber, Ns. Abdul Wahab S.Kep Selaku Ketua DPD PPNI Majene dan Muh. Algifari Koorda BEMNUS Sulawesi Barat.

Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Majene, Abdul Wahab, S.Kep secara tegas menyatakan bahwa, PPNI secara kelembagaan menolak RUU Omnibuslaw Kesehatan.

Menurut Abd Wahab, RUU ini adanya kecenderungan akan berpihak kepada oligarki dengan upaya meniadakan peran Organisasi Profesi (OP)
sebagaimana tertuan dalam UU Keperawatan yang di ekstraks.

Senada, Muh. Algifari Koorda Bmnus Sulawesi Barat juga ikut mempertanyakan keberpihakan RUU Omnibuslaw Kesehatan.

Algifari menilai bahwa RUU tersebut cacat prosedural dan tergesa – gesa.

“RUU Omnibuslaw Kesehatan ini cacat prosedural dan terkesan tergesa – gesa,” ujarnya.

Sementara, Ketua Himpunan Mahasiswa Kesehatan (Hipermakes) Kabupaten Mejene Sapriadi mengaku bahwa kegiatan “Ngobrol Pintar” (Ngopi) ini merupakan respon terhadap lahirnya RUU Omnibuslaw Kesehatan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk pemenuhan tanggung jawab sebagai mahasiswa Kesehatan dengan memberikan atensi terkait RUU Omnisbulaw Kesehatan yang hingga hari ini masih menjadi Polemik,” ungkap Sapriadi.

Sapriadi berharap, sebagai bagian dari aliansi dalam RUU Omnibualaw Kesehatan, Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan dalam prosesnya memenuhi ketentuan perundang-undangan yang ada.

“kami berharap Pemerintah lebih aspiratif dengan menerima masukan dari semua elemen bangsa khususnya Organisasi Profesi (OP) dan Mahasiswa,” simpul Sapriadi, Jumat 19 Mei 2023.

[Jun]

Komentar