oleh

HMI Komisariat Poltekkes Mamuju Dan Ipmapus Sulbar Bangkitkan Empati Untuk Desa Burana

-Berita, Mamasa-146 Pembaca

Darasaksara.com – Mamasa – Tepat
Sabtu, 11 September 2021, HMI Komisariat Poltekkes Mamuju Cabang Manakarra bersama PP IPMAPUS Sulbar telah menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk para korban banjir dan Longsor di Desa Burana, Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat.

Ketua HMI Komisariat Poltekkes Mamuju Cabang Manakarra, Lisdayanti kepada laman ini mengatakan, bantuan Kemanusiaan tersebut disalurkan kepada warga yang terdampak di Desa Burana, dengan jumlah korban 33 kepala keluarga.

” Ada beberapa bantuan yang kami salurkan seperti keperluan yang mendesak seperti beras, minyak goreng, mie Instan, air mineral, gula, teh, kopi, pakaian, alat tulis, kebutuhan wanita, perlengkapan mandi, perlengkapan bayi serta obat-obatan,” jelas Lisda.

Lebih jauh Lisda mengungkapkan,
ada satu yakni desa Pangandaran Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa itu belum disentuh bantuan sama sekali, diakibatkan oleh akses jalan yang terputus akibat longsor.

” Sudah masuk satu Minggu pasca kejadian, warga Pangandaran itu belum mendapatkan bantuan apapun, meski demikian, alat berat sementara beroperasi dalam pembenahan badan jalan yang rusak akibat longsor yang terjadi,” kata Lisda.

Sementara, Ketua PP – IPMAPUS Sulbar, Ali Mustakim menyebut, tak hanya Desa Burana yang menjadi titik penyaluran bantuan kedua organisasi tersebut, namun kami juga menyalurkan bantuan dari hasil penggalangan dana dari masyarakat ke Desa Pangandaran melalui posko bantuan Pangandaran.

Meskipun kondisi jalan yang rusak dan hujan terus mengguyur sepanjang perjalanan, tentu tidak menyurutkan semangat dari relawan untuk menyalurkan bantuan secara langsung kepada para korban  yang terdampak bencana,” ungkap Ali Mustakim.

Ali Mustakim menyebut, atas kehadiran kami di dua Desa tersebut, warga yang terdampak begitu sangat antusias menerima bantuan ini, karena bantuan yang ada di Posko Pengungsian masih kurang terutama perlengkapan bayi dan beberapa kebutuhan lainnya.

Agenda penyaluran berupa logistik dan beberapa kebutuhan lainnya, tentu tak sampai disitu, menurut pria yang akrab disapa Takim ini mereka juga mengunjungi posko pelayanan kesehatan yang dibentuk oleh Puskesmas Tabulahan.

Selain mengunjungi warga yang terdampak, kami juga mengunjungi Posko Pelayanan Kesehatan yang dibentuk oleh Puskesmas Tabulahan,” ujar Takim.

Sementara dari pengakuan Kepala Puskesmas Tabulahan, Iryana, SKM bahwa perhari Sabtu, 11 September 2021,  sekira 30 kasus diare yang saat ini kami tangani.

Untuk diketahui bahwa seluruh bantuan yang disalurkan melalui HMI Komisariat Poltekkes Mamuju Cabang Manakarra dan PP – IPMAPUS Sulbar adalah  sumbangan masyarakat Mamuju
yang simpati akan musibah yang terjadi melalui penggalangan dana beberapa hari.

Lsd/Ar.

Komentar

News Feed