HMI Manakarra & GMNI Mamuju Nilai Pemprov Sulbar Miskin Ide Peringati Hardiknas

Mamuju, Uncategorized418 Pembaca

Darasaksara.com – Mamuju – rencana pemecahan rekor muri dengan minum tablet tambah darah remaja putri se – Sulawesi Barat dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional yang direncanakan pada 10 – 11 Mei 2022 oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menuai kritik dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manakarra dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Mamuju.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manakarra, Ansar mengatakan,kegiatan tersebut sama sekali tidak memiliki relevansi dengan hari pendidikan, sebab itu tidak berkenaan dengan kondisi pendidikan kita di Sulawesi Barat.

Menurutnya, semestinya Gubernur Sulawesi Barat lebih kepada memperhatikan mutu pendidikan terkhusus di SMA, hal itu dapat dilihat dari Data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, dari 23.110 sekolah se – Indonesia, tidak ada 1 pun sekolah yang berasal dari Sulbar dari 1000 sekolah yang memiliki standar penilaian Ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Senada dengan itu, Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Mamuju, Muh. Fathir juga melayangkan kritik atas rencana Pemprov Sulbar tersebut.

” Cuma mengingatkan dimomentum Hari Pendidikan Nasional yang seharusnya di pressure oleh Pemerintah terkait peningkatan kualitas pendidikan, seperti Data LTMPT dari 23.110 sekolah di Indonesia, satupun sekolah dari Sulbar tidak masuk dari 1000 sekolah yang memiliki standar penilaian UTBK,” kata Muh. Fathir.

Lebih jauh, Fathir menjelaskan bahwa jika Pemerintah betul – betul ingin focus untuk menyelesaikan problem di sektor kesehatan, sebaiknya upaya menekan angka Stanting di Sulbar harus menjadi prioritas.

“Jadi, sebagian anggota DPR RI yang bermitra di bidang Kesehatan, melihat hasil studi status gizi (SDGI) 2021 menunjukkan prevalensi stunting balita di Sulbar sebesar 33.8% dari standar tertinggi WHO yaitu 20%, sehingga seharusnya Pemerintah melakukan kegiatan yang berupaya menekan tingginya angka Stunting,” pungkas Muh. Fathir Minggu 8 April 2022.

[Faidah]

Komentar