Ir. Rocky Paotonan, Nyatakan Sikap Maju DPR RI Dapil Sulbar

Berita, Daerah735 Pembaca

Darasaksara.com – Mamuju – Pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang khususnya di Sulawesi Barat sepertinya akan diisi  oleh beberapa tokoh yang siap berkompetisi.

Salah satu diantaranya adalah putra asal Mamasa yang saat ini bergelut dalam dunia corporasi pertambangan di bidang investasi yakni Ir.Rocky B.Paotonan, P.Eng,.

Dengan berbagai pengalaman dalam dunia pertambangan serta sejumlah pengalaman organisasi, Rocky Paotonan telah mamantapkan diri untuk maju jadi calon anggota DPR RI Dapil Sulawesi Barat.

“Jadi, Sebagai seorang yang berlatar belakang pengusaha sekaligus politisi, tentu kami sudah memataskan diri untuk ikut berkompetisi pada perhelatan pileg pada tahun 2024 mendatang,” tegas Rocky Paotonan.

Ditanya soal progres apa saja yang telah dia lakukan dalam mempersiapkan momentum pesta lima tahunan ini ?, pihakya mengaku sudah membangun komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk ke partai politik.

“Saya mulai melakukan komunikasi kepada semua pihak, termasuk ke semua partai politik yang ada,”kata Rocky Paotonan.

Lebih jauh Ketua Dewan Pakar Perhimpunan Ahli Pertambangan Sulawesi Barat ini menjelaskan alasan dirinya memilih untuk maju di DPR RI mendatang. Dimana menurutnya, dengan modal berlatar belakang pendidikan investasi pertambangan yang didalamnya berkenaan dengan kebijakan negara, tentu itu bisa kita tangani.

Sebagai seorang profesional dalam bidang pertambangan, tentu kami cukup memahami seluk – beluk pertambangan, dan latar belakang pendidikan saya investasi pertambangan, menyangkut kebijakan negara, Sehingga dengan saya masuk di DPR RI, hal – hal yang berkenaan dengan kebijakan negara yang menyangkut masalah pertambangan bisa kita tangani,” paparnya.

Meski demikian, Rocky Paotonan mengaku bahwa alasan utama dirinya memutuskan untuk maju di DPR RI mendatang adalah bagaimana memikirkan pembangunan di wilayah Sulawesi Barat ini.

“Ada empat aspek yang perlu kita lihat secara komprehensif dalam upaya membangun Sulawesi Barat, diantaranya infrastruktur, kesehatan, ekonomi dan pendidikan, ini yang perlu kita dorong agar Sulbar ini bisa lebih maju,” ungkap Rocky.

Sementara diaspek lain yakni social justice atau keadilan sosial, yang dimana soal penegakan hukum tentu itu sifatnya independen,” imbuhnya.

Hal lain yang menjadi perhatian Rocky adalah melalui power DPR RI, disitu kita bisa merubah mindset negara ini, sekaligus memperjuangkan Sulawesi Barat agar bisa lebih maju seperti Daerah lainnya.

Sementara soal partai yang akan menjadi pilihannya, Rocky belum memberikan jawaban secara pasti, akan tetapi, dia mengaku bahwa tetap mempertimbangkan hasil survei dan kebesaran partai yang akan dikendarainya nanti.

“Soal partai yang kemudian akan jadi kendaraan kita nantinya, tentu kita akan melihat surveinya dan tentu partai yang besar, partai yang siap memperjuangkan aspirasi rakyat dan partai yang mempunyai prinsip NKRI harga mati dan Pancasila,” kata Rocky.

Putra asal Mamasa yang kini menjadi Penasehat Dewan Ekonomi Indonesia Timur Provinsi Sulawesi Tengah ini juga mengaku telah melakukan pemetaan pada partai – partai besar, yang mungkin akan jadi pilihannya kedepan.

Di Indonesia beberapa partai yang beraliran Nasionalis diantaranya, partai PDI – Perjuangan, Gerindra, NasDem, PKB dan termasuk Partai Demokrat, tinggal kita pilih mana partai yang cocok dengan  culture Sulawesi Barat dan culture kita,” ungkapnya.

Secara spesifik, Rocky menyebut beberapa  partai politik yang saat ini dianggap besar dan punya cukup power, dimana partai yang dia maksud adalah PDI – Perjuangan, Golkar, Gerindra, PKB, demokrat dan NasDem.

Tak hanya itu, dia mengklaim bahwa sejumlah petinggi partai politik yang ada di Sulawesi Barat pasca dirinya menyatakan sikap untuk maju di DPR RI dapil Sulbar, cukup instens melalukan komunikasi.

Sejauh ini sejumlah petinggi – petinggi partai yang ada di Sulbar cukup intens komunikasi dengan kita, dan saya rasa semuanya bagus tinggal kita memilih mana partai yang cocok culturnya dengan Sulbar dan kita sebagai bakal calon legislatif,” simpul Rocky Selasa 30 Agustus 2022.

[Riadi]

Komentar