Jelang Putusan PHPU Pilpres 2024, GMNI Mamuju Nilai Ujian Bagi MK

Mamuju53 Pembaca

Darasaksara.comMamujuMahkamah Konstitusi (MK) menjadwalkan pembacaan putusan sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2024 pada Senin 22 April 2024 pekan depan.

Menanggapi hal tersebut, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Mamuju menilai bahwa momentum ini adalah ujian bagi MK.

Ketua GMNI Cabang Mamuju, Adam Jauri saat dikonfirmasi via WhatsApp Kamis 18 April 2024 mengatakan,Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres 2024 adalah ujian dalam menjaga marwah dan martabat institusi Yudikatif yang sakral serta menjalan tugas yang mulia sebagaimana spirit dibentuknya Mahkamah Konstitusi sebagai ruang pengadilan yang menegakkan nilai-nilai Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945

Menurutnya, terlepas dari Amicus Curiae yang berseleweran, kami berharap putusan MK adalah putusan yang benar-benar fear tanpa adanya intervensi dari penguasa atau pemodal besar hingga MK melakukan ebuse of power yang merugikan Rakyat Indonesia dan menambah catatan buruk dalam perjalanan MK itu sendiri.

Adam mengaku bahwa jika apa yang menjadi kekhawatirannya dimana lembaga yang terhormat seperti MK tebang pilih, maka kemana lagi Marhaen akan mencari keadilan.

Pihaknya berharap MK dapat memberikan percontohan agar kedepan dapat dijadikan percontohan oleh generasi.

“Kami juga berharap agar lembaga tinggi seperti MK dapat memberikan percontohan agar dapat dijadikan pelajaran baik bagi generasi muda khususnya yang mahasiswa yang bergelut di dalam dunia ilmu hukum di Indonesia,” pungkas Adam.

[fda]

Komentar