Ketua DPRD Mamuju Minta Seleksi Calon Pengawas PDAM Tirta Manakarra, Dibuka Transparan Dan Sesuai aturan

Mamuju456 Pembaca

Darasaksara.com – Mamuju – Tahapan fit and proper test calon pengawas perusahaan Daerah air minum (Perumda) PDAM Tirta Manakarra telah berjalan pada Kamis 21 April 2022 kemarin.

Ketua Panitia Tim Seleksi calon pengawas Perumda PDAM Tirta Manakarra Drs. Artis Efendi, M. AP mengatakan, yang mengikuti fit and proper test itu ada empat orang, yaitu H. Y. Gustamin, SE, Nur Ichsan, Adiathma, Andika Putra sementara atas nama Azwar dia tidak mengikuti test.

Dari kelima nama tersebut, diketahui ada salah satu kerabat dekat dari pemegang saham perusahaan Daerah air minum PDAM Tirta Manakarra dalam hal ini Bupati Mamuju yang juga telah mengikuti tahapan seleksi, sementara dalam PP Nomor 54 Tahun 2017 pada pasal 36 Ayat (1) jelas termaktub bahwa Anggota Dewan Pengawas dan anggota Komisaris dapat terdiri dari unsur independen dan unsur lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.

Dalam penjelasan pasal tersebut bahwa yang dimaksud dengan unsur independen adalah anggota dewan pengawas atau anggota komisaris yang tidak ada hubungan keluarga atau hubungan bisnis dengan direksi maupun pemegang saham.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Mamuju Azwar Anshari Habsi berharap bahwa pada tahapan seleksi calon pengawas Peusahaan Daerah Air Minum (Perumda) PDAM Tirta Manakarra agar dijalankan sesuai dengan aturan perundang – undangan.

” Jalankan proses seleksi dengan baik sesuai ketentuan undang undang yang berlaku,” kata Azwar Anshari Habsi.

Pihaknya mengaku bahwa dalam proses seleksi calon pengawas PDAM Tirta Manakarra belum mengetahui sejauh mana perkembangannya.

“Ya saya juga belum tau perkembangannya seperti apa,
cuman yang kami tegaskan proses seleksi ini harus transparan dan akuntable serta tidak keluar dari rell sesuai ketentuan undang – undang,” tegas Azwar Anshari.

Sementara ditanya soal PP Nomor 54 Tahun 2017 pada pasal 36 Ayat (1) yang merupakan salah satu acuan dalam proses seleksi, Azwar Anshari menyebut bahwa dia akan mempelajari terlebih dahulu.

“Nanti kami pelajari dulu dan kalau toh sudah ada pengumumannya kami akan tindak lanjuti apakah ini sudah sesuai prosedur atau tidak,” kunci Azwar Anshari Jumat 21 April 2022.

Hingga berita ini diturunkan, upaya untuk melakukan konfirmasi kepada Panitia Seleksi dan dua tim seleksi calon pengawas PDAM Tirta Manakarra belum mendapat respon.

[Riadi]

Komentar