Komisi III DPRD Mamuju Dan Diknas Akan Bahas SD Neg Padang Baka

Pendidikan727 Pembaca

Darasaksara.comMamuju – Komisi III DPRD dan Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Mamuju merespon cepat atas kondisi  SD Neg Padang Baka, Kelurahan Rimuku, Kabupaten Mamuju yang sangat memprihatinkan.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Mamuju, Masram Jaya bersama dengan Muhammad Reza dan Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga, langsung mengecek kondisi ruangan kelas dan beberapa fasilitas yang perlu dibenahi, Senin (20/7).

Sebelumnya, dari pantauan laman ini, kondisi fasilitas Sekolah Dasar yang beralamat di Jl. Rajawali ini cukup memprihatinkan, dimana ruang kelas IV dinding dan lantai terlihat berlumut serta sejumlah kursi dan meja sudah mengalami kerusakan.

Setelah melakukan pemeriksaan dibeberapa ruang kelas di SD Neg Padang Baka, Masram Jaya mengatakan, tentu saja, saya selaku ketua komisi III DPRD Mamuju yang membidangi pendidikan, sangat miris melihat kondisi sekolah ini yang masih tergolong berada dalam kota.

” Yah hari ini kita kroscek langsung dan memang sangat miris, tetapi sudah ada penjelasan dari pihak sekolah bahwa memang dalam proses sengketa dan ternyata juga sudah clear, itulah salah satu yang menghalangi sehingga anggaran terbatas untuk masuk ke Sekolah ini,” jelas Masram.

Meski demikian kata Masram, tentu selalu saja ada solusi yang kami tawarkan, dan rencana dalam waktu dekat ini besok atau paling lambat lusa, kita hadirkan pihak terkait baik itu Diknas maupun pihak Sekolah bersama dengan Komisi III untuk mencarikan solusi.

Jika memungkinkan dari Diknas untuk menganggarkan di tahun depan yah kenapa tidak, atau opsi lain mungkin dari komisi III kita bisa pikirkan bersama – sama,” sambung Masram.

Ditempat yang sama, Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Seksi Sarana, Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Mamuju, Bustan mengaku Pihaknya sudah beberapa kali meninjau SD Neg Padang Baka .

” Kami dari Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Mamuju sudah beberapa kali meninjau sekolah ini, kondisinya memang miris namun kami tidak bisa berbuat apa – apa kemarin karena lokasinya sedang bermasalah,” terang Bustan.

Bustan menyebutkan, namun di tahun 2020 ini menurut kepala Sekolah sudah ada titik terang, dimana pengusulan anggaran tahun ini untuk 2021 sudah masuk dalam skala prioritas dan tentu itu yang kami programkan, dan semoga itu merupakan masuk dalam program tuntas dan kami juga akan berjuang untuk itu

Pada intinya bahwa SD Neg Padang Baka ini akan menjadi skala prioritas untuk diperhatikan,” imbuhnya.

Pihaknya juga akan tetap menghadiri undangan dari Komisi III DPRD Kabupaten Mamuju untuk membicarakan solusi dari SD Neg Padang Baka.

Kami akan tetap hadir di DPRD Mamuju jika ada undangan, saya sendiri,  Kepala Bidan dan ini juga akan kami sampaikan kepada Kepala Dinas untuk membicarakan persoalan sekolah ini,”kata Bustan.

Sementara Kepala Sekolah SD Neg Padang Baka, Abd Galib mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Komisi III DPRD Mamuju dan Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Mamuju yang telah menyempatkan waktu untuk meninjau sekolah tersebut.

” Yah tentunya kita bersyukur jika pihak DPRD Mamuju dan Diknas bersedia membantu kami, dan inilah kondisi sekolah SD Neg Padang Baka,” Ujar Abd Galib.

Ia mengaku selain kondisi ruangan kelas yang tidak layak, sejumlah fasilitas berupa meja dan kursi serta lemari yang semestinya menjadi perhatian khusus.

“Selain kondisi ruangan pak, yang utama juga meja, kursi dan lemari yang tentunya kami harapkan untuk bisa diprioritaskan,” harap Abd Galib.

Kami dari SD Neg Padang Baka sangat berterima kasih atas upaya semua pihak yang turut membantu sekolah ini dalam hal membenahi kondisi yang memang sejak beberap lama sangat memprihatinkan.” simpul Abd. Galib.

Untuk diketahui, lokasi sekolah yang sebelumnya bersengketa sudah dapat diselesaikan dan sedang menunggu proses terbitnya sertifikat kepemilikan lahan.

Penulis   : Nur Arafah.

Editor     : Yusriadi.

Komentar