oleh

Longsor Di Mamasa, Hatta Kainang Warning Pemprov Sulbar

-Mamasa-72 Pembaca

Darasaksara.com – Mamasa – Longsor yang terjadi di Desa Salumaka, Kecmatan Mambi, Kabupten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat pada Kamis 10 November 2022 lalu, turut menjadi perhatian serius wakil ketua komisi IV DPRD Sulbar, Muhammad Hatta Kainang.

Politisi partai NasDem Sulbar ini meminta agar Pemerintah intervensi penanganan secara seriusĀ  terhadap dampak bencana tersebut.

” Terkait terjadinya longsor di Desa Salumaka, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa yang menimbulkan korban jiwa dan harta benda serta kerusakan beberapa infrastruktur berdasarkan laporan BPBD sulbar, kami meminta adanya intervensi penanganan dampak bencana,” kata Hatta Kainang.

Menurutnya ini penting dilakukan karena hal ini berkaitan dengan efek korban jiwa dan harta.

Hatta Kainang mengaku belum melihat aksi nyata dari Pemerintah dalam penanganan bencana, sehingga pihaknya akan melakukan intervensi untuk pemulihan bencana tersebut.

“Kami belum melihat aksi nyata dalam penanganan bencana ini, sehingga komisi IV DPRD Sulbar sebagai mitra BPBD Sulbar dan Dinas Sosial Sulbar akan melakukan intervensi dalam rangka pemulihan.

Hatta juga mengingatkan bahwa Sulbar adalah Daerah rawan bencana sehingga kesiap siagaaan sangat diperlukan untuk hal itu.

Tak hanya itu, Hatta mengaku akan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dalam waktu dekat ini dengan beberapa stakeholder terkait sebagai upaya menjalankan perda kebencanaan yang sudah disahkan.

Pada hari senin tanggal 14 november 2022, kami akan mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan berbagai stakholder kebencanaan dan BPBD Se-Kabupaten di Sulbar untuk secara bersama menjalankan implementasi Perda kebencanaan Sulbar yang merupakan perda inisiatif yang sudah disahkan dalam rapat paripurna untuk kemudian dijalankan secara baik,” terang Hatta.

“Kami juga akan meminta informasi sejauh mana desain anggaran kebencanaaan setiap Kabupaten, sehingga ruang koloborasi dapat terjadi dalam aksi penanganan bencana di Sulawesi Barat,” tutup Hatta Sabtu 12 November 2022.

[Riadi]

Komentar

News Feed