Pemkab Mamuju Dinilai Lambat Serahkan APBD – P dan KUA – PPAS 2022

Mamuju364 Pembaca

Darasaksara.com – Mamuju – Pembahasan APBD – Perubahan Tahun 2022 di DPRD Mamuju sepertinya sudah sangat terlambat. Pasalnya, APBD – Perubahan dan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2022 belum juga diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Mamuju.

Hal ini dibenarkan oleh Sekertaris Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Mamuju, Drs. H. Syahrir.MM saat dikonfirmasi via WhatsApp, Senin 22 Agustus 2022.

” Oh iya, sebaiknya dikonfirmasikan ke TAPD melalui BPKAD Kab Mamuju, karena APBD- Perubahan belum diserahkan ke DPRD termasuk KUA-PPAS Perubahan,” kata Syahrir.

Syahrir menyampaikan bahwa, tahun ini Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Pokok tahun 2023 lebih dulu diserahkan dan telah disetujui DPRD beberapa hari lalu.

Terpisah, Anggota DPRD Kabupaten Mamuju, fraksi NasDem Abd. Malik Ballako juga mengaku bahwa pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) terkesan lambat, hal itu disebabkan terlambatnya Pemkab Mamuju menyerahkan APBD – Perubahan dan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2022.

Menurutnya, untuk APBD – Tahun 2022 ini semestinya sudah ditetapkan sebelum Juni dan Juli, akan tetapi sampai bulan Agustus belum juga ada penyerahan APBD – Perubahan, serta KUA dan PPAS tahun 2022 ke DPRD.

“Inikan sudah masuk Agustus, tentu kita sudah sangat terlambat dan takutnya pembahasan APBD – P Tahun 2022 semakin lambat untuk dilakukan pembahasan,” ujar Malik Ballako.

Pihaknya mendorong agar KUA dan PPAS tersebut sesegera mungkin diserahkan ke DPRD karena untuk melihat secara utuh APBD – Perubahan tersebut.

Selain itu, kata Malik Ballako bahwa semestinya Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Pokok tahun 2023 harus bersamaan dengan yang tahun 2022, karena kita mau melihat seberapa serapan anggaran 2022 yang akan kita sandingkan dengan 2023

“Hal lain, kita juga mau lihat secara utuh APBD-Perubahan tersebut termasuk, apakah ada pergeseran di masing – masing OPD,” simpul Malik Ballako Senin 21 Agustus 2022.

[Riadi]

Komentar