oleh

Rayakan Hari Jadi Mamuju, DKKM Gelar Mini Konser

-Mamuju, Sosbud-107 Pembaca

Darasaksara.com – Mamuju – Memperingati hari jadi Mamuju ke 481, Dewan Kesenian Dan Kebudayaan Mamuju (DKKM) menggelar kegiatan mini konser yang disebut ” Tribute To Mamuju” dengan mengusung tema ” Manakarra Pembolonganta” di Nal Cafe, Selasa malam 13 Juli 2021.

Kegiatan yang juga merupakan momentum hari jadi DKKM yang ke 3 Tahun ini, turut dihadiri oleh sejumlah penyanyi daerah, budayawan serta Maradika (raja) Mamuju yakni H. Andi Bau Akram Dai.

Pada puncak perayaan hari jadi Mamuju tersebut, turut menampilkan lagu – lagu daerah Mamuju dengan aransemen khusus yang memadukan musik tradisional dan modern.

Ketua Dewan Kesenian Dan Kebudayaan Mamuju (DKKM), H. Irwan SP Pababari dalam sambutannya mengatakan, saat ini kita peringati hari jadi Mamuju yang ke 481, dimana tentu banyak daerah – daerah yang lebih tua dari kita. Namun, saya kira ini adalah momentum untuk kita bisa melihat ke belakang dimana ada mata rantai yang begitu panjang pada setiap perjalanan manusia.

Lebih jauh, Irwan menjelaskan bahwa dari perjalanan ini, banyak produk kebudayaan yang dimunculkan dan dapat dinikmati oleh kita semua. Meski demikian, tak dapat dipungkiri rentan waktu perjalanan, terjadi asimilasi budaya,adanya serangan dari luar pada produk kebudayaan yang kita hasilkan berupa nilai, moralitas atau semacam piranti – piranti kebudayaan lainnya bisa tergeser.

Menurut Irwan, memang secara efisiensi, sejumlah pirantiĀ  kebudayaan kita memang dikalahkan oleh kemajuan teknologi saat ini, akan tetapi kita tidak bisa melupakan itu, sebab ada nilai terkandung didalamnya.

” Kita boleh saja mengaku keren saat ini, tetapi itu lebih keren jika kita mengenal produk kebudayaan dimasa lampau yang penuh dengan makna kehidupan,” kata Irwan.

Pada kesempatan tersebut, Irwan menegaskan bahwa dengan mengingat kembali produk kebudayaan, tidak akan membuat kita mundur ke belakang, tetapi, itu adalah khasanah yang membuat kita kaya dalam menghadapi masa yang akan datang.

Diakhir sambutannya, ia meyakini bahwa kesenian adalah merupakan salah satu manifestasi yang ril dari produk budaya adalah kesenian, dimana kesenian itu kita bisa rasakan sama – sama didalamnya ada lantunan nada, irama, syair dan nilai yang tersembunyi didalamnya.

Sementara, Maradika (Raja) Mamuju, H. Andi Bau Akram Dai turut memberikan apresiasi kepada Dewan Kesenian Dan Kebudayaan Mamuju (DKKM) yang telah memeriahkan hari jadi Mamuju ke 481 yang juga bertepatan pada hari jadi DKKM ke 3 Tahun.

” Kita apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh DKKM ini dalam memeriahkan hari jadi Mamuju ke 481 tahun meski dengan cara sederhana yang bertepatan hari jadi DKKM ke 3 Tahun,” kata Bau Akram Dai.

Putra H. Andi Maksum Dai (Almarhum) ini juga berharap, DKKM kedepan akan selalu bisa eksis dan mampu menyelenggarakan kegiatan – kegiatan seperti ini, termasuk upaya terus mendukung pelestarian budaya. Menurutnya, peran pemuda juga tak kalah pentingnya dalam upaya mencintai kebudayaan Mamuju sebagai upaya filter atas masuknya budaya luar yang akan masuk ke Daerah kita.

Sekali lagi, kami sampaikan apresiasi setinggi – tingginya pada teman – teman DKKM yang menyelenggarakan hari jadi Mamuju ke 481, dan selamat atas usia 3 Tahun DKKM,” kunci Bau Akram Dai.

Yus/Ar.

Komentar

News Feed