oleh

Sejumlah Rumah Rusak Tak Diassessment, BPBD Mamuju Akan Koordinasikan Ke Tim Verifkasi

Darasaksara.com – Mamuju – Gempa berkekuatan 6,2 SR tentu membuat sejumlah rumah warga yang ada di Kabupaten Mamuju dan sekitarnya mengalami kerusakan. Tak terkecuali rumah Abd Rahim yang ada di Jalan Maccirinnai, Kelurahan Binanga, Kabupaten Mamuju, pada bagian dinding juga rusak akibat guncangan tersebut.

Atas kondisi ini, pemerintah pusat kemudian siap menggelontorkan anggaran untuk perbaikan rumah warga yang terkena dampak gempa bumi pada Januari 2021 lalu. Hingga memasuki tahap pendataan, rumah Abd Rahim tercatat di kantor BPBD Kabupaten Mamuju dalam kategori tahap pertama penerima bantuan tersebut.

Sebagai upaya validasi data, melalui kantor BPBD Kabupaten Mamuju dibentuklah tim Assessment di tiap – tiap Kecamatan. Namun, setelah semua proses assessment selesai dan BPD Kabupaten Mamuju mengklaim telah memasuki tahapan uji publik, rumah Abd Rahim tak kunjung mendapat perhatian.

Dari hal tersebut, Sahira yang merupakan anak dari Abd Rahim mengadukan ke BPBD Kabupaten Mamuju. Ia mengaku sudah sebanyak 5 kali dirinya mendatangi kantor BPBD Mamuju, namunĀ  rumah orang tuanya belum mendapat respon untuk ditinjau langsung oleh petugas di lapangan .

” Sebanyak 5 kali saya melaporkan ini ke kantor BPBD Mamuju pak, bahkan saya diarahkan untuk menitip nomor telepon dan foto copy kartu keluarga juga sudah di foto, namun belum ada tim yang turun,” terangnya.

Tak hanya BPBD Mamuju yang ia tempati mengadukan terkait rumah orang tuanya, Sahira juga mengaku telah menyampaikan hal ini ke Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Kabupaten Mamuju, itu ia lakukan atas sejumlah saran dari tetangganya.

” Terakhir ini, saya ke Perkimta untuk melaporkan rumah orang tua saya dengan membawa kartu keluarga dan juga menitip nomor telepon, semoga ini bisa menjadi solusi,” kata ibu tiga anak ini.

Sahira berharap agar para petugas di lapangan bisa melakukan asssesment pada rumah orang tuanya tersebut, karena menurutnya itu sudah masuk di data tahap awal penerima bantuan.

” Saya berharap agar petugas di lapangan bisa segera turun melihat kondisi rumah orang tua kami, karena itu jelas masuk dalam kategori penerima bantuan kategori pertama saat di kroscek di posko bersama yang terletak di Jl. Ahmad Kirang lalu,” harapnya.

Terpisah, Plt Kepala BPBD Kabupaten Mamuju Muh Taslim saat dikonfirmasi via WhatsApp Senin 19 Juli 2021 mengaku akan segera menindak lanjuti hal tersebut.

Kami akan hubungi dulu tim verifikasinya, dan akan kita aturkan dulu,” singkat Taslim pada laman ini.

Dy/Da.

Komentar

News Feed