Siapa Nama Pj. Gubernur Sulbar Usulan DPRD ?, Begini Kata Usman Suhuriah

Advertorial128 Pembaca

Darasaksara.com – MAMUJU  – Wacana pengusulan nama Penjabat Gubernur Sulawesi Barat kini mulai dibincang.

Hal tersebut ditandai dengan adanya surat Kementrian Dalam Negeri Nomor : 100.2.1.3/177/SJ mengenai pengusulan nama calon Penjabat Gubernur.

Menindak lanjuti surat tersebut, DPRD Sulbar melakukan rapat konsultasi lintas Fraksi, Kamis 30 Maret 2023 untuk membicarakan siapa nama yang akan diusulkan ke Kementrian Dalam Negeri.

Wakil Ketua DPRD Sulbar, Usman Suhuriah saat dikonfirmasi via WhatsApp mengatakan, pimpinan DPRD baru melakukan fasilitasi untuk meminta masukan dari fraksi-fraksi.

“Rapat konsultasi lintas fraksi sudah dilaksanakan siang tadi. hasilnya menyepakati hingga tanggal 3 April 2023 semua fraksi sudah mengajukan nama-nama calon Penjabat Gubernur,” kata Usman Suhuriah.

Dalam rapat itu juga kata Usman, telah disepakati jumlah nama bisa lebih dari satu nama calon dan paling banyak tiga nama calon.

Usman menambahkan, pada rapat tersebut juga telah disepakati bahwa, nama yang lebih banyak diajukan oleh fraksi sesuai jumlah fraksi, maka nama calon tersebut dimasukan dalam kategori tiga besar secara berturut turut, hingga menjadi keputusan Pimpinan DPRD Sulbar untuk diajukan ke Kemendagri

“Prinsipnya kita memberikan akses ke semua fraksi untuk menentukan nama yang akan diajukan,”imbuhnya.

Ditanya soal apakah sudah ada nama – nama yang dikantongi untuk diusulkan ke Kemendagri, termasuk desas – desus yang berkembang bahwa nama Akmal Malik tak lagi diusulkan ?, Usman mengaku bahwa pihaknya akan menyampaikan dalam waktu dekat ini.

“Kita masih proses,namun waktu dekat sudah ada hasil untuk disampaikan ke Kemendagri,” kunci Usman, Kamis 30 Maret 2023.

[Riadi]

Komentar