oleh

Wujudkan Sikap Toleransi, Wabub Mamuju Berbaur Dengan Umat Hindu

-Sosbud-267 Pembaca

Darasaksara.comMamuju – Sebagai upaya mewujudkan toleransi antar umat beragama, terkhsusus di Kabupaten Mamuju, Wakil Bupati Mamuju, H.  Irwan SP Pababari hadir ditengah – tengah umat Hindu yang melaksanakan acara Ngaben Pitra Yadnya atau Ngaben secara kolektif pada Jumat (14/8), di Desa Tommo, Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Mamuju, Drs I Wayan Buja mengapresiasi atas kehadiran Wakil Bupati Mamuju pada kegiatan tersebut.

” Kehadiran Irwan Satya Putra Pababari karena beliau menaruh perhatian khusus dan kasih sayang kepada kita semua,” kata I Wayan Puja.

Sementara, salah satu pemuka agama Hindu, Empuh Nabe Jaya Acaria Nanda menjelaskan inti dari acara Ngaben Pitra Yadnya secara kolektif, dimana menurutnya bahwa ini adalah merupakan ritual untuk mengantarkan roh kepada sang pencipta.

” Upacara Ngaben Pitra Yadnya atau Ngaben secara kolektif ini adalah mengantar roh kepada sang pencipta, mengembalikan kepada asalnya, dimana acara ini adalah salah satu ritual dalam agama Hindu yang bersifat wajib,” terang Empuh Nabe.

Sementara ditempat yang sama, Wakil Bupati Mamuju, Irwan Sp Pababari juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas undangan umat Hindu yang ada di Tommo pada kegiatan tersebut.

” Tentu ini adalah sebuah penghormatan bagi saya, karena setiap acara saya pasti diundang,” ujar Irwan.

Pihaknya juga mengaku merasa senang tentang apa yang disampaikan oleh Pandita dan guru – guru yang lain.

Hari saya merasa senang atas apa yang disampaikan oleh para Pandita dan guru – guru yang lain, dimana apa yang mereka sampaikan ada kesamaan universal, dimana salah satunya adalah bahwa manusia itu berasal dari 4 unsur sebagaimana yang saya yakini,” simpul Irwan SP Pababari, Jumat (14/8).

Penulis   : Nur Arafah.

Editor      : Yusriadi.

Komentar

News Feed