WWF Indonesia Dan Sahabat Penyu, Gandeng Aji Mandar Gelar Kegiatan Pananganan Mamalia Laut

Polewali Mandar392 Pembaca

Darasaksara.com – Polman – WWF Indonesia bekerja sama dengan Sahabat Penyu dengan menggandeng AJI Kota Mandar, menggelar kegiatan penanganan mamalia laut dipusatkan di kawasan rumah penyu Mampie, Polman Rabu 22 September 2021.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh komunitas seperti, Laut Biru, Kelompok Pecinta Alam Kalpataru Sulbar, unsur Guru, PNS, Masyarakat dan beberapa awak media.

Ketua Sahabat Penyu, Muh. Yusri mengatakan, kegiatan pelatihan penanganan mamalia laut sejatinya berjalan mulai jam 9 pagi hingga sore hari kemarin, namun ada hal yang terjadi diluar dari perencanaan, dimana seekor bayi duyung yang kami rawat full service sebelumnya, mati pada subuh, sehingga tim dokter hewan dari WWF fokus melakukan autopsi  bangkai bayi duyung tersebut sehingga pelatihan ditunda hingga sore hari baru sempat di mulai.

Yusri menyebut bahwa ini merupakan kegiatan tanpa perencanaan jauh hari sebelumnya,
dan kegiatan ini bisa terlaksana berkat sponsor dari teman – teman organisasi teramasuk Aji Kota Mandar.

” Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami khususnya Sahabat Penyu, karena selama ini yang kami lakukan masih sangat awam saat menangani satwa atau mamalia laut terdampar,” kata Yusri.

Lebih jauh, Yusri menjelasakan , Sulawesi Barat dengan garis pantai yang cukup luas, sering ditemukan mamalia laut terdampar. Baik itu duyung, lumba-lumba, hiu dan penyu itu sendiri. Sehingga pelatihan ini sangat bermanfaat untuk bekal kami kedepannya saat menangani kasus mamalia laut terdampar yang dilindungi.

” Ya kita sangat bersyukur atas kegiatan ini, dimana narasumbernya dari WWF Indonesia yang tentunya sudah tidak diragukan lagi pengalaman mereka soal  penanganan mamalia laut,” ujarnya.

Kita berharap kedepan, Pemerintah juga melakukan kegiatan yang sama melalui Dinasnya agar kegiatan seperi ini bisa lebih maksimal lagi,” kunci Yusri.

Ar/DA.

Komentar